Menikmati Golden Sunrise di Bromo

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Senin, 04 Maret 2019

Menikmati Golden Sunrise di Bromo

wisata gunung bromo
Salah satu spot terbaik untuk menikmati Golden Sunrise di Indonesia adalah di Bromo. Moment Matahari terbit di kawasan Bromo bak seorang puteri cantik yang sangat ditunggu kehadirannya dan harus ditemui, maka jangan heran apabila spot terbaik untuk menikmati terbitnya matahari di sekitar Bromo selalu penuh sesak oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
wisata gunu bromo
Gunung Bromo yang letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau ini berada diantara 4 wilayah kabupaten di Jawa Timur, yaitu; Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Hal ini membuat Bromo menjadi spot destinasi favorit bagi Explorer yang ingin menikmati Golden Sunrise di Bromo.
Ada beberapa jalur berikut dibawah ini yang dapat diakses menuju Bromo diantaranya;

1. Jalur Pasuruan (Desa Tosari - Wonokitri - Gunung Bromo)
Untuk Explorer yang ingin memulai perjalanan dari surabaya, ada baiknya mengambil jalur ini. Dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Ketika tiba di pasar Rangkeh, silahkan mengambil tikungan ke kanan arah ke Selatan sekitar 30 km atau 1 jam perjalanan menuju Bromo. Dalam jalur ini perjalanan akan dipenuhi dengan tanjakan dan tikungan tajam, namun pemandangan yang sangat indah layaknya kawasan pegunungan dapat ditemui di jalur ini.

2. Jalur Probolinggo (Desa Sukapura - Cemoro Lawang - Gunung Bromo)
Jalur ini bisa digunakan oleh Explorer yang memulai perjalanannya dari Surabaya atau Malang. Dapat disebut juga dengan jalur Utara. Setelah tiba di Jalan Raya Tongas, Explorer dapat melihat petunjuk jalan arah menuju Bromo lalu mengambil arah ke Selatan sekitar 30 km atau 1 jam perjalanan. Dalam jalur ini Explorer akan diarahkan menuju pos Persinggahan di Desa Sukapura, dan dari sana tinggal melewati daerah Cemoro Lawang untuk sampai di Bromo.

3. Jalur Malang
Jalur ini khusus bagi Explorer yang ingin memulai perjalanannya dari kota Malang. Dari arah kota, Explorer akan melewati Desa Tumpang yang terletak dekat dengan kawasan Bandara dan Stasiun Malang. Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk tiba di Bromo apabila Explorer menggunakan jalur ini.

wisata gunung bromo
Untuk Explorer yang ingin lebih merasakan adventure dalam perjalanan menikmati Golden Sunrise di Bromo, disarankan menyewa Jeep dari Cemoro lawang, karena medannya penuh tanjakan dengan jarak tempuh sekitar 3 hingga 4 km untuk sampai di Bromo.
open trip bromo

Terdapat 3 point of view yang sangat populer untuk dapat menikmati Golden Sunrise di Bromo. Yang pertama adalah Pos Pananjakan 1, kemudian Panajakan 2 dan terakhir adalah Bukit Kingkong. Dari 3 point of view tersebut ada baiknya Explorer mencoba menikmati suasana Golden Sunrise dari Bukit Kingkong. Kenapa? karena pengunjung di sana tidak seramai dan padat seperti di area Pananjakan 1 dan Pananjakan 2.
Dari Bukit Kingkong Explorer dapat melihat hamparan pasir di sekitar Bromo akan penuh ditutupi oleh kabut yang seolah melayang rendah. Beriringan dengan munculnya Matahari di ufuk Timur, kabut putih akan berangsur menipis dan selanjutnya menghilang. Setelah Matahari terbit dengan sempurna. Jangan lewatkan untuk mendaki Gunung Bromo dan melihat kawahnya yang mengepulkan asap putih, panorama Gunung Batok yang berada tepat di depannya, juga mendengarkan Pasir Berbisik dan menikmati keindahan hamparan savana di Bukit Teletubbies. Jadi, kapan Explorer akan kembali mengunjungi Bromo?

Peta Wisata Gunung Bromo

wisata pulau harapan
Judul: Menikmati Golden Sunrise di Bromo; Diulas oleh Cakra Syamsudin; Rating: 4.9 dari 5

Tidak ada komentar

Posting Komentar