Pulau Harapan, Replika Surga Bawah Laut Kepulauan Seribu

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Senin, 01 April 2019

Pulau Harapan, Replika Surga Bawah Laut Kepulauan Seribu

wisata pulau harapan Destinasi Pulau Harapan di kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan terbaik untuk Snorkeling atau bahkan menyelam (Scuba Diving) bareng teman-teman atau aktivitas Wisata Bahari bersama keluarga. Dengan waktu tempuh perjalanan laut sekitar 2,5 - 3 jam untuk menuju Pulau Harapan dari Dermaga Kali Adem, Muara Angke atau Marina Ancol, Jakarta.

Informasi Pulau Harapan

Pulau Harapan mempunyai luas lebih kurang sekitar 6.7 hektar dan berada di Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, dulunya dikenal dengan nama "Pulau Pelemparan", karena pada awalnya ditujukan sebagai pulau tujuan transmigrasi dan relokasi. Dengan jumlah penduduk berjumlah 2.205 jiwa, sebagaian besar adalah muslim dan pendatang dari berbagai macam suku, Bugis, Mandar dan Jawa yang datang dari pulau Kelapa dan pulau-pulau kecil lainnya. wisata pulau harapan
Pulau Harapan termasuk salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia dan secara geografis terletak pada koordinat 05º 39' 10" LS dan 106º 34' 41" BT. Dengan cakupan wilayah yang sangat luas, kelurahan Pulau Harapan memiliki 23 pulau-pulau kecil yang tersebar di bagian utara Kepulauan Seribu. Dua pulau berpenduduk dan sisanya adalah Pulau Wisata untuk umum atau private, serta Pulau Konservasi untuk perlindungan habitat satwa.

Spot Sunset Pulau Harapan

wisata pulau harapan Senja di Pulau Bulat, sesuai dengan namanya, pulau ini berbentuk bulat dan tidak terlalu luas. Hanya 1,28 ha di Kecamatan Pulau Harapan. Jangan buru-buru pulang ketika sudah menginjakkan kaki di Pulau Bulat. Sambil menunggu datangnya senja, anda bisa membunuh waktu dengan bermain pasir, dan jika masih banyak waktu juga bisa sempatkan untuk melihat langsung keindahan alam bawah lautnya yang masih terpelihara.

Menuju Pulau Harapan

wisata pulau harapan
BACA JUGA: Paket Wisata Open Trip, Pilihan Backpacker ke Pulau Seribu!

Satu-satunya cara menuju Pulau Harapan dari Jakarta adalah menggunakan transportasi laut, dengan jarak tempuh sejauh 60 km bisa diakses dungan dua cara menggunakan jenis perahu, dermaga, fasilitas dan harga yang berbeda. Silahkan memilih dan menyesuaikan dengan budget dan waktu yang Anda miliki.

Kapal Ferry, kapal kayu atau kapal "ojeg" sebutan bagi masyarakat setempat. Setiap hari, pukul 07.30 WIB kapal ini bertolak dari Dermaga Kali Adem, Muara Angke menuju Pulau Harapan dengan waktu tempuh sekitar 3 (tiga) jam perjalanan. Tarif Kapal Kayu: Rp. 55.000,-/orang

Kapal Cepat, atau speed boat dengan kecepatan tinggi berangkat dari Marina Ancol dermaga 12 setiap hari dan berangkat mulai pukul 08.00 WIB akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam Tarif Kapal Cepat: Rp. 200.000.-/orang (weekday) dan Rp. 250.000,-/orang (weekend)

Aktivitas Wisata Pulau Harapan

wisata pulau harapan Permainan dan Wahana Air, tidak kalah serunya, salah satu sarana permainan air atau watersport, juga bisa anda coba. Banana Boat dengan 5-8 orang ditarik dengan speed boat yang berkecepatan tinggi, sungguh menantang adrenalin anda. Umumnya akan tersedia khusus weekend atau saat pengunjung ramai di pulau Perak atau pulau-pulau lainnya.

Tarif sekali naik Banana Boat cukup murah, perorang dikenakan harga sekitar IDR 25.000,- hingga IDR 35.000,- saja dengan durasi permainan 10-15 menit. wisata pulau seribu

BACA JUGA: Mau Wisata Ke Pulau Seribu? Dapatkan Harga Murah Paket Wisata Open Trip!

Akomodasi dan Fasilitas Wisata Pulau Harapan

Homestay Baronang, salah satu penginapan di Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara. Penginapan atau Homestay Baronang di Pulau Harapan bisa menjadi salah satu alternatif penginapan selama Anda dan rombongan berwisata di Pulau Harapan. Lokasinya berada di pinggir pantai dengan pemandangan laut yang bisa anda saksikan langsung dari depan pintu penginapan ini. wisata pulau harapan
Bangunan 2 (dua) lantai ini terdiri dari 6 pintu ruangan, masing-masing memiliki 3 kamar tidur dan 3 kamar mandi di dalam dan 1 ruang keluarga atau tamu. Dilengkapi dengan penyejuk ruangan (AC) dan dispenser galon air mineral untuk keperluan dingin dan panas.
Homestay Baronang dekat dengan pantai dan pandangan langsung ke laut. Penginapan ini cocok untuk keluarga atau rombongan besar dan bisa memuat 50 orang lebih. Lokasinya tidak jauh dari dermaga Pulau Harapan yang kedua dan dekat dengan Taman Biota Laut Pulau Harapan.

Spot Snorkeling Pulau Harapan

wisata pulau harapan
Snorkeling, atau Selam Permukaan adalah aktivitas paling populer dan menjadi alasan utama para wisatawan datang ke Pulau Harapan. Kurang lengkap rasanya jika wisata di pantai tapi tidak basah karena air laut, apalagi dengan suguhan pesona alami bawah laut di beberapa spot snorkeling di sekitar Pulau Harapan.
Lautnya bening dan bersih, terumbu karangnya masih aktif berkembang, bukannya coral mati atau fosil. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Pulau Harapan adalah banyaknya pilihan spot untuk menikmati panorama underwater nya. Sebut saja yang umumnya dikunjungi adalah di Spot pulau Macan Gundul, Spot pulau Putri dan Spot Kayu Angin Genteng.

BACA JUGA: Eksotisme dan Pesona Wisata Bahari Pulau Seribu

Peta Wisata Explore Pulau Harapan

sunrise bromo jeep wisata gunung bromo
Judul: Pulau Harapan, Replika Surga Bawah Laut Kepulauan Seribu ; Diulas oleh Cakra Syamsudin; Rating: 4.9 dari 5

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Cakra Adventure