Wisata Pulau Harapan, Eksotisme dan Pesona Wisata Bahari Pulau Seribu

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Senin, 22 Oktober 2018

Wisata Pulau Harapan, Eksotisme dan Pesona Wisata Bahari Pulau Seribu

wisata pulau harapan

Pulau Harapan, merupakan pulau berpenduduk di bagian utara Kawasan Kepulauan Seribu. Letaknya yang strategis berada diantara pulau resort dan pulau-pulau kecil lain disekitarnya , pulau Harapan menjadi destinasi wisata populer untuk disinggahi dan bermalam dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan destinasi wisata yang ada di pulau Resort, kawasan Kepulauan Seribu.

Dengan jumlah penduduk sebesar 1.760 jiwa, pulau Harapan ini layak dijadikan tempat wisata bagi pengunjung yang hendak menginap. Bahkan pulau-pulau kecil lain di sekitarnya, seperti Pulau Perak, Pulau Kayu Angin Genteng, Pulau Bulat, Pulau Macan, Pulau Putri, Pulau Genteng Kecil, dan Pulau Kelapa Dua juga sangat layak untuk disinggahi.

Kondisi geografis di pulau Harapan dan pulau Kelapa yaitu terhubung keduanya menjadi satu bagian pulau yang juga memiliki taman terpadu yang berisi fasilitas bermain anak. Pulau Harapan menjadi pusat pemerintahan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Selain beberapa fasilitas yang cukup lengkap, pulau Harapan juga memiliki kantor Kelurahan Pulau Harapan, kantor urusan agama, serta puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap untuk ibu melahirkan.

Termasuk dalam wilayah Kelurahan Pulau Harapan terdapat 24 pulau yang dikelola secara administratif, pulau kecil lainnya adalah pulau wisata yang beberapa pulau dikelola oleh swasta dan pulau konservasi. Pulau Sebira, salah satu pulau berpenghuni lainnya yang lokasinya berada sekitar 20 km kearah utara.

sunrise bromo

Aktivitas Wisata di Pulau Harapan

wisata pulau harapan

Hampir rata-rata wisatawan memilih kegiatan wisata di Pulau Harapan dengan durasi 2 hari 1 malam dengan berbagai rangkaian aktivitas wisata bahari yang menarik. Berikut dibawah ini beberapa aktivitas dan obyek wisata di pulau Harapan, antara lain :

● Sunset/Sunrise Pulau Harapan atau Pulau Bulat
● Tempat penangkaran penyu hijau di Pulau Kelapa Dua
● Penangkaran Penyu di Taman Biota Laut Pulau Harapan
● Penangkaran Elang di Pulau Kotok ( Opsional )
● Pantai pasir putih dipulau terdekat sekitarnya
● Beberapa permainan air ( water sport ) seperti banana boat, sofa boat
● Terumbu karang di Taman Nasional Kepulauan Seribu
● Snorkeling Pulau Macan, Pulau Putri dan Pulau Kayu Angin Genteng
● Jelajah Pulau (Hopping Island) Pulau Bira, Pulau Perak, Pulau Bulat dan Pulau Gosong

wisata pulau harapan

Kegiatan Menyelam Dangkal di Taman Laut Seribu Utara

Terdapat tiga lokasi atau spot populer untuk aktivitas menyelam dangkal di sekitar Kawasan Wisata Pulau Harapan, yaitu spot Pulau Kayu Angin Genteng, spot Pulau Putri dan Spot Pulau Macan. Anda bisa memilih salah satu atau semua spot yang ada, karena masing-masing spot memiliki keunikannya sendiri.

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Menikmati keindahan Sunset dan Sunrise di Pulau Harapan

wisata pulau harapan

Ada yang indah dan yang tak akan pernah dilewatkan, khususnya bagi para photografer, Pencinta mentari pagi dan senja adalah menyaksikan pemandangan indah berpendarnya matahari, baik saat pagi atau menjelang malam. Selain keindahan Pantai pasir putih, ada satu lagi nama Pulau Bulat mendadak menjadi populer bagi kalangan wisatawan untuk menunggu senja sebelum akhirnya harus kembali lagi ke pulau harapan untuk bermalam. Sedangkan saat pagi, rata-rata cukup dari Pulau Harapan di daerah dermaga perahu sambil menunggu sarapan pagi terhidang.



Video Keindahan Under Water Pulau Harapan


Peta Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara


wisata pulau harapan
Judul: Wisata Pulau Harapan, Eksotisme dan Pesona Wisata Bahari Pulau Seribu; Diulas oleh Cakra Syamsudin; Rating: 4.9 dari 5

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Cakra Adventure